Peranan komunikasi dalam organisasi

Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu komunikasi atau proses untuk anggota menghimpun informasi yang berhubungan dengan organisasinya dan merubah apa yang terjadi di dalamnya.

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting agar tidak terjadinya salah penyampaian informasi antar anggota dalam suatu organisasi dan agar tercapainya tujuan tertentu.
Komunikasi memainkan peranan penting dalam sebuah organisasi, pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi dapat diringkas sebagai berikut:


Komunikasi mempromosikan motivasi dengan menginformasikan dan mengklarifikasi karyawan tentang tugas yang akan dilakukan, dengan cara mereka melakukan tugas, dan bagaimana meningkatkan kinerja mereka jika tidak sampai untuk menandai.

Komunikasi merupakan sumber informasi kepada anggota organisasi untuk proses pengambilan keputusan karena membantu mengidentifikasi dan menilai saja alternatif tindakan.

Komunikasi juga memainkan peran penting dalam mengubah sikap individu, yaitu, individu informasi dengan baik akan memiliki sikap yang lebih baik daripada individu kurang informasi. majalah organisasi, jurnal, pertemuan dan berbagai bentuk lain dari lisan dan tertulis bantuan komunikasi dalam sikap karyawan.

Pencapaian Target: Setiap Organisasi Bisnis terakumulasi upaya untuk melaksanakan tujuan atau target tertentu. Sistem komunikasi yang tepat mendorong karyawan setiap tingkat dengan memberikan informasi yang relevan, instruksi dan arah. Ini membantu Manajemen untuk membuat karyawan berkomitmen terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Koordinasi: Dalam dunia spesialisasi, ada berbagai departemen dalam suatu organisasi seperti perencanaan, produksi, pemasaran, administrasi dll Jika departemen ini tidak berkomunikasi dengan satu sama lain serta dengan Manajemen, akan ada ada koordinasi diantara mereka. Misalnya, ketika produksi sepenuhnya diasah, departemen penyimpanan dapat melaporkan kekurangan bahan baku karena kurangnya koordinasi

Komentar

Postingan Populer